Wednesday, April 13, 2016

Tutorial Modelling Di AutoDesk Maya. Membuat Objek ember Sederhana.




Sebelum memulai ada baiknya kita berdoa dulu. Kenapa berdoa? karena usaha tanpa doa bisa jadi akan hampa. Kenapa hampa? karena berpeluang ndak berkah. haha

Oke baiklah pada kesempatan kali ini kita bakalan nyoba desain atau modelling sebuah objek sederhana di AutoDesk Maya.

Versi yang mimin pake ini AutoDesk Maya 2014, tapi mau versi sebelum itu pun ndak apa-apa, sama aja kok. ndak ada perbedaan sama sekali, kecuali kalo situ make blender ya lain ceritanya. Tapi intinya sama aja kok, secara konsep ya bukan teknis. hehe

Okeee langkah pertama silahkan buka Autodesk nya, kemudian lets begin :

  • Pada tab Polygon, klik dua kali pada objek Polygon Cylinder (lingkaran merah). Inget ya harus di klik dua kali supaya keluar tampilan seperti ini :





Ubah Axis divition nya ke 8. (lihat lingkaran merah) kemudian klik tanda x agar jendelanya ndak nutupin area modelling kita.


  • Buat objek seperti ini :






  • Arahkan Pointer/mouse ke objek silindernya kemudian klik kanan dan pilih "Face Mode". Bagi yang bingung caranya, itu mouse di klik kanan terus jangan dilepas, sambil di tahan arahin mouse ke menu face mode terus dilepas disitu. Gitu aja kok.
  • Kemudian select bagian atas objek. (sambil menekan shift) seperti ini :













  • Kemudian aktifkan modelling ToolKit di pojok kanan dengan mengklik lingkaran yang saya tanda seperti di gambar ini.



  •  Pilih exlude dan centang bagian Offset.

  • Setelah itu arahkan mouse ke objek, dan klik kursor dan tahan sambil di tarik ke kanan hingga objeknya menjadi seperti ini :



  • Selanjutnya pindahkan mode offset kembali ke "Local Z" kemudian klik tombol reset setting.


  • Setelah itu Klik Exrude sekali lagi hingga hasilnya seperti ini :
 

** caranya dengan klik di objek atau workarea sambil mouse di tahan kemudian tarik hingga bagian atasnya masuk ke bawah.

Okeee taraaa. Tapi kita ndak cukup sampe disini aja ya, masih ada tahap selanjutnya.

Nanti akan saya update lagi.






No comments:
Write comments