Saturday, May 13, 2017

Membuat Fungsi Permutasi Dengan PHP

Udah tau permutasi kan? ayoo yang gak tau pasti sering bolos dulu pas sekolah hahaha.
Saya sengaja menulis tema ini karena saya liat, tutorial soal math operation dengan php masih jarang di temui di result pencarian google dalam koridor bahasa indonesia. *yaelah bahasamu mas hahaha

Lagipula, orang-orang kita (indonesia) lebih cenderung suka nyimpen sendiri apa yang dia tau ketimbang di bagi. Hmm, ndak serta-merta kayak gitu juga sih, mungkin pengaruh faktor bisnis, ndak heran mengapa begitu banyak software maupun source code di luar sana tidak bisa di dapat secara gratis alias kudu beli. Cukup sekian curhatnya. wkwkwk

The first one, yang akan kita bahasa disini adalah fungsi dalam permutasi yang oleh wikipedia disebut Permutasi -k dari n benda, adalah salah satu jenis permutasi dimana kita hanya menyusun ulang elemen nya menjadi beberapa bagian. Bisa di padukan menjadi 2 pasang,3 pasang ,4,5 atau sukak-sukak kau lah. Simple kayak gini :

Saya punya 4 huruf : A B C D maka permutasi-2 dari huruf tersebut adalah : 
Karena terdiri dari 4 huruf dengan ukuran 2, maka akan diperoleh 12 kemungkinan pasangan. Dalam bahasa matematis yang kebanyakan dari kita akan bilang what the heck does that even mean, jumlah kemungkinan permutasi jenis ini di illustrasikan sebagai berikut :
Seperti pada gambar hasil permutasi di atas, ini bukanlah jenis permutasi identik, that mean pasangan yang memiliki elemen yang sama tidak di munculkan, permutasi dengan elemen yang identik seharusnya akan menghasilkan perpaduan 16 susun permutasi, bukan 12, karena akan ada tambahan AA, BB, CC, dan DD.

What can we do now is bagaimana cara membuat programnya menggunakan php ? oke dah let's begin. *perbaikin-dasi*

Hal pertama yang saya ingin sampaikan adalah ini tidaklah sesulit dari penjelasan di atas, karena kamu hanya perlu membuka code editor kamu, dan copy pasti code berikut dan beri nama terserah lu dah yang penting ekstensinya .php :

And that it is. Segitu aja, coba jalankan, hasilnya sama persis seperti itung-itungan kita di atas.

Penjelasan code :

  • Pertama-tama kita definisikan dulu sebuah variable berisi array  $permutasi = array('A', 'B','C')
  • Selanjutlah, kita lakukan 2 kali looping dengan identitas yang berbeda tapi, isinya sama. You can see a and b variable.
  • Kita beri kondisi jika nilai dari $a sama dengan nilai dari $b, maka continue. Artinya, proses di di lanjutkan tanpa mengambil kondisi tersebut.
  • Panggil $a dan $b dan lekatkan.
  • Done.


SALAM LUAR BIASA. HAHAHA!!!

No comments:
Write comments