Tuesday, April 12, 2016

Tips Dasar Untuk Memulai Belajar Pemograman Mobile Ios dan Android.



Sebelum kamu memulai memutuskan tekad untuk mendalami dunia mobile programming, ada baiknya dan sangat disarankan kamu sudah punya pengetahuan dasar tentang pemograman. Entah itu c++, c#, java, dan lain sebagainya. Kenapa ? agar jalan panjang kamu menuju keberhasilan akan jauh lebih mudah.

Apa yang harus di pahami ?

a. Pastikan kamu sudah memahami pengertian object dan class, inherit (pewarisan), konstructor dan destructor, enkapsulasi dan yada-yada lainnya. Pokoknya dasar-dasar pemograman lah.

b. Pastikan kamu sudah punya senjata untuk memulai pertempuran. Berikut listnya :
  • Komputer Dengan prosesor Mumpuni. Minimal Core i3 ke atas, RAM 4 GB (Recommended 8 GB) semakin tinggi prosesor dan grafiknya maka akan semakin bagus dan semakin cepat. Ini di karenakan android studio sebagai compile dimana kita menulis code-code programnya membutuhkan standar spefikasi hardware yang lumayan tinggi.
  • Android Studio - Ini adalah software dimana kita menulis dan membuat program yang kita inginkan, oh ya bisa juga menggunakan Eclipse tapi sekarang Eclipse support dukungan dari google sudah dihentikan, jadi kalian kudu pake Android studio. Bisa di cek situs resminya.
  • Buku-buku tentang pemograman android, ebook, atau source code jadi. Ini akan sangat bermanfaat dalam mempercepat pemahaman kita akan struktur code-code di android studio.
c. Berdoa

d. Konsisten - Intinya kita kudu konsisten setiap hari belajar minimal 5 jam. Ini dimaksudkan untuk membiasakan diri dengan tampilan, dan ruwetnya coding program. Jika kamu sudah terbiasa, tidak akan terasa berat lagi menjalaninya.

e. Rajin rajin ikut even pemograman, berteman dengan yang punya keahlian, ikut seminar, pokoknya aktif bersosialisasi dengan kegiatan ekstrakulikuler.

Mari memulai :

1. Download Android studi

Bisa di download lansung di situs resminya. Atau klik disini http://developer.android.com/sdk/index.html 

2. Install Java Development Kit

Sebelum menginstal Android studio, kamu kudu instal yang namanya JDK dari java, wajib. Inget wajib. Silahkan klik dimari :
3. Kemudian Instal Android Studionya. Untuk tutorial cara instalnya gampang aja sih, ikutin aja langkah-langkahnya.

 Langkah Selanjutnya :

1. Instal SDK Manager
SDK Manager ini bisa di katakan tool tool pendukung pengembangan aplikasi kita nantinya. Misalnya versi android, emulator, dan lain-lain sebagainya. Di android studio, SDK Manager ini juga berfungsi untuk update, jadi sebelum memulai, ada baiknya di update dulu melalui Android SDK updates, karena secara default, Android studio tidak otomatis download setiap ada update terbaru.
Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • pilih menu File > Settings > Appearance & Behavior > System Settings > Updates.
  • Centang pada Automatically check updates for Android SDK checkbox and select an update channel.
  • Klik OK or Apply untuk update.
Atau kamu juga bisa melakukannya lansung di SDK Manager dengan cara :
  • pilih File : File > Settings > Appearance & Behavior > System Settings > Android SDK.
  • Atau dari Android Studio Tools menu: Tools > Android > SDK Manager.
  • Atau bisa juga di the SDK Manager icon () in the menu bar.
Demikian.

Salem anget.
 

No comments:
Write comments